Cara Cek Penerima BSU Pospay dari Kantor Pos Lewat Aplikasi

Sudah tahu cara cek penerima BSU Pospay? Kali ini kami akan bagikan bagaimana mengecek penerima BSU. Jika ingin tahu caranya, simak baik-baik petunjuk melakukan pengecekan penerima BSU pada artikel ini.

Semua orang menyalahkan situasi akibat COVID 19 dan kenaikan harga BBM baru-baru ini, namun pemerintah meresponnya dengan mengeluarkan Bantuan Subsidi Upah. Mungkin kamu salah satu penerimanya.

Biaya bahan pokok telah meningkat sebagai akibat dari COVID 19 dan kenaikan biaya bahan bakar. Karena potensi gangguan daya beli masyarakat dan melemahnya siklus ekonomi Indonesia, pemerintah Indonesia menawarkan Bantuan Subsidi Upah atau BSU.

Apa Arti dari BSU?

bantuan sosial upah (BSU)

Pemerintah Indonesia menjalankan program Bantuan Upah Bersubsidi atau yang sering dikenal dengan BSU. Hal ini sebagai upaya membangun kembali perekonomian pasca wabah Covid 19 yang merugikan perekonomian negara dengan menurunkan daya beli masyarakat.

Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek secara kolektif merundingkan dan menata BSU. Biaya bantuan ini sebesar Rp600.000 per orang.

Menjaga, membela, dan meningkatkan kemampuan ekonomi karyawan atau buruh yang terkena dampak wabah Covid-19 dan kenaikan harga BBM menjadi tujuan utama BSU dari pemerintah.

Agar perekonomian Indonesia bangkit, bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

Menurut Menteri Tenaga Kerja (Menaker), Ida Fauziyah, dukungan BSU ini diberikan sejak 25 Agustus 2020, saat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan sambutan pembukaan secara simbolis.

Sebanyak 15,7 juta orang menerima BSU pada tahap 1, dengan total pengeluaran Rp37,7 triliun. Kemudian setelah itu sejumlah 13,8 juta orang lainnya akan ditambahkan.

Pemerintah telah menetapkan aturan dan persyaratan bagi pekerja atau buruh yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan BSU, sehingga tidak semua orang bisa memanfaatkannya.

Kamu harus memastikan apakah kamu termasuk yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia sebagai penerima BSU atau tidak. Untuk cek penerima BSU Pospay, bisa kamu lakukan melalui aplikasi.

Syarat Menjadi Penerima BSU

Syarat Menjadi Penerima BSU

Siapa saja yang berhak mendapatkan Bantuan Subsidi Upah dan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi? Pekerja yang mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan dan juga aktif melakukan pembayaran hingga Juli 2022 merupakan salah satu cara cek penerima BSU Pospay.

Jika kamu seorang pekerja yang di-PHK setelah Juli 2022, kamu masih berhak menerima bantuan BSU serta dana senilai Rp600.000 selama tetap mematuhi aturan dan persyaratan yang ditetapkan oleh Menteri Tenaga Kerja (Menaker).

Jadi, baca penjelasan di bawah ini jika kamu ingin mengetahui apa saja persyaratan sebelum cek penerima BSU Pospay:

  1. Kamu memiliki Nomor Induk Kependudukan, atau NIK, yang berfungsi sebagai bukti bahwa kamu adalah warga negara Indonesia.
  2. Kamu aktif membayar iuran hingga Juli 2022 dan menjadi peserta program BPJS ketenagakerjaan.
  3. Kamu mendapatkan gaji maksimum Rp3.500.000 setiap bulan. Kamu mendapatkan Rp3.500.000 per bulan dan bekerja di wilayah atau daerah yang upah minimum provinsinya Rp3.500.000.
  4. Kamu bukan Polri, PNS, TNI, atau TNI.
  5. Kamu tidak menerima bantuan pemerintah lainnya, seperti Bantuan Prakerja, Bantuan Produktif Usaha Mikro, atau Program Keluarga Harapan (PKH).

Persyaratan ini harus dipenuhi untuk memenuhi syarat sebelum cek penerima BSU Pospay. Jika kamu yakin telah memenuhi semua persyaratan, kemungkinan besar kamu adalah penerima bantuan BSU.

Sebagai penerima, kamu berhak menerima Rp600.000 bantuan bulan ini. Kamu dapat cek penerima BSU Pospay di bawah ini.

Selain itu, pemerintah memastikan penyaluran bantuan ini akan selesai pada akhir November 2022. Untuk menuntaskan penyaluran bantuan BSU ini, kantor Pos Indonesia buka hingga malam hari.

PT Pos Indonesia akan terus menyebarluaskan informasi ini kepada masyarakat luas dan mendukung masyarakat dalam menyalurkan dana bantuan.

Cara Cek Penerima BSU Pospay

Alur Pengecekan Penerima BSU Pospay

Langkah selanjutnya adalah mempelajari cara mencari penerima BSU Pospay jika kamu sudah memahami apa itu Bantuan Subsidi Upah atau yang disebut BSU dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi penerima bantuan.

Untungnya, kamu dapat membaca informasi yang kami berikan di bawah ini tentang cara cek penerima BSU Pospay.

Perlu diketahui bahwa alur pengecekan BSU dapat dimulai dengan mengakses dan memverifikasi informasi dari website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bsu.kemnaker.go.id.

Langkah yang harus kamu lakukan selanjutnya sebagai penerima potensial adalah memeriksa dengan Pos Indonesia untuk mengetahui apakah kamu benar-benar menerima bantuan tersebut atau tidak.

Dengan menggunakan program Pos Indonesia yang disebut dengan Pospay, dan mengikuti petunjuk di bawah ini, kamu dapat cek penerima BSU Pospay, apakah kamu benar-benar penerima Bantuan Subsidi Upah atau BSU tanpa harus datang ke kantor Pos Indonesia.

  1. Aplikasi “Pospay” dapat diunduh dari PlayStore atau dengan mengklik tautan
  2. Kamu dapat “Buka” program Pospay yang baru saja kamu unduh jika sudah berhasil diunduh dan diinstal.
  3. Kamu kemudian dapat memilih “Logo Kementerian Tenaga Kerja” dengan mengkliknya di sudut kanan bawah bagian “Home” atau tampilan awal.
  4. Setelah itu, kamu dapat memilih “BSU Kemnaker 1” dari kolom “Jenis bantuan”.
  5. Setelah itu, kamu bisa bersiap-siap dengan KTP karena kamu akan diminta untuk memotretnya.
  6. Jika demikian, pilih “Ambil Foto Sekarang”. Perhatikan baik-baik hasil foto; pastikan hasilnya harus tajam dan jelas agar KTP bisa dilihat secara utuh.
  7. Semua “Informasi” yang harus diisi kemudian harus dilengkapi. Kemudian kamu bisa memilih untuk “Lanjutkan”.
  8. Kamu akan diberikan “QR Code” pada aplikasi Pos Indonesia atau Pospay jika NIK yang kamu masukkan adalah NIK yang menerima BSU.

Jika sudah cek penerima BSU Pospay dan mendapat QR Code, selanjutnya kamu bisa datang ke kantor Pos Indonesia untuk mencairkan dana bantuan tersebut. Di sana petugas kantor pos akan membantu kamu untuk mencairkan dana bantuan tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Kantor pos atau kantor penerima BSU akan menyambut penerima BSU.
  2. Penerima BSU menampilkan QR Code yang dihasilkan oleh aplikasi Pospay. Juru bayar akan menggunakan aplikasi Danom Unit untuk mengecek NIK penerima BSU yang tidak memiliki handphone.
  3. Juru bayar akan menggunakan program Pos Giro Cash (PGC) untuk memindai QR Code.
  4. Juru bayar mengkonfirmasi identitas fisik penerima BSU serta info penerima. Kemudian, mengambil gambar e-KTP asli penerima BSU.
  5. Memotret penerima BSU jika hasil verifikasi dan validasi sudah akurat.
  6. Di depan juru bayar, penerima BSU menandatangani kuitansi.
  7. Pembayar memberikan uang BSU kepada penerima.

Perlu diketahui bahwa aplikasi Pospay sebenarnya dapat digunakan sebagai akun untuk menerima tambahan dukungan pemerintah dan juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai layanan transaksi keuangan, seperti dikutip dari akun Instagram resmi @Kemnaker.

Solusi Rekening BSU yang Bermasalah

Kementerian Tenaga Kerja memberikan solusi bagi orang yang mengalami masalah setelah cek penerima BSU Pospay namun BSU tidak dapat dikreditkan ke rekening penerima.

Menurut situs resmi @kemnaker, calon penerima dapat menghubungi HRD bisnis untuk memperbarui dan memperbaiki nomor rekening yang ada jika tidak lagi akurat dan digunakan. Data tersebut selanjutnya akan dikirim ke BPJS Ketenagakerjaan oleh HRD di perusahaan terkait.

Selain itu, pegawai yang memenuhi standar BSU akan tetap menerima uang BSU melalui PT Pos Indonesia jika pemutakhiran data tidak dapat diselesaikan.

Selain itu, kamu yang memenuhi standar BSU akan tetap menerima uang BSU melalui PT Pos Indonesia jika pemutakhiran data tidak dapat diselesaikan. Menurut Kompas.com, per Jumat, 23 September 2022, masalah ini bukan saja disebabkan karena nomor rekening.

Namun, untuk data tambahan yang masuk ke dalam sistem BPJS Ketenagakerjaan. Karyawan dapat melakukan perubahan data selain melalui HRD perusahaan yang bersangkutan dengan mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di lingkungannya.

Nantinya, BPJS Ketenagakerjaan akan mengirimkan update data tersebut ke Kementerian Ketenagakerjaan untuk keperluan pencairan. Kamu bisa melakukan cek penerima BSU Pospay kembali untuk memastikan apakah betul sebagai penerima BSU.

BSU 2022 mu tidak cair karena beberapa penyebab, termasuk data yang tidak sesuai. Unsur-unsur tersebut, seperti dikutip dapat mencegah BSU yang seharusnya diterima, kadaluarsa.

1. Tidak Memenuhi Syarat.

Hanya karyawan terpilih yang memenuhi persyaratan yang berhak menerima dana BSU Rp600.000, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini terdaftar dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan BPJS dan aktif hingga Juli 2022 paling banyak gaji atau santunan Rp3,5 juta.
  • Pekerja/Buruh harus dibayar maksimal sebesar UMP/UMK yang dibulatkan menjadi ratusan ribu
  • Non PNS, TNI, dan Polri apabila bekerja di wilayah yang UMP/UMK-nya lebih besar dari Rp3,5 juta
  • Belum menerima program keluarga harapan, bantuan produktif untuk usaha mikro, atau program kartu prakerja.

2. Menerima Bantuan Lain

Setelah cek penerima BSU Pospay dan tidak terdaftar, kamu tidak berhak menerima BSU 2022 jika sudah mendapatkan bantuan lain, seperti bantuan kartu prakerja, BPUM, atau PKH. Agar uang BSU bisa disalurkan, pastikan kamu tidak terdaftar sebagai penerima bantuan lainnya.

3. Nomor Rekening Tidak Sesuai

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika informasi nomor rekening yang kamu daftarkan salah, penyaluran dana BSU 2022 bisa jadi tidak berhasil.

4. Maju ke Tahap Berikutnya

Jika sudah cek penerima BSU Pospay dan kamu belum menerima dana BSU 2022, kemungkinan besar kamu akan menerimanya di masa depan. Hal ini disebabkan pemerintah melakukan pendistribusian uang BSU 2022 secara bertahap.

Di website kemnaker.go.id dan bsu.bpjeketenagakerjaan.com, kamu dapat melihat distribusi uang BSU untuk tahun 2022.

5. Kamu Sudah Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kurang dari Setahun

Kualifikasi penerima BSU 2022 menyatakan bahwa kamu harus memiliki pendaftaran selama setahun di BPJS Ketenagakerjaan, yang masih diambil dari halaman yang sama. Iuran terakhir peserta BPJS Ketenagakerjaan paling lambat harus dibayarkan paling lambat Juli 2022.

Ikuti langkah-langkah di atas ini untuk cek penerima BSU Pospay. Besar kemungkinan kamu akan memenuhi syarat untuk mendapatkan Bantuan Subsidi Upah atau BSU dan menerima bantuan sebesar Rp600.000 jika kamu telah memenuhi persyaratan tersebut di atas.

Jika kamu masih mengalami kesulitan cek penerima BSU Pospay, kamu bisa meminta bantuan langsung ke kantor pos sekaligus melakukan pencairan.

Cara Jual Chip Domino Higgs Island (100% Aman)

Chip Domino Higgs Island mungkin sering kamu dengar apabila kamu sering bermain slot online. Karena banyak orang yang menjual dan membeli Chip tersebut dan mungkin kamu belum mengetahui cara kerja dari Chip yang dimaksud itu. Jika kamu belum mengetahui apa itu Chip domino pada sebuah permainan slot online dan fungsinya apa, oleh karena itu pada…

Apa Itu Jadwal FYP Tiktok? Kamu Para Tiktokers Harus Tahu

Kapan jadwal FYP Tiktok itu? Kamu mungkin salah satu yang menanyakannya karena memang penasaran dengannya. Dimana FYP Tiktok menjadi salah satu media untuk diikuti dan ditonton agar mengenal yang sedang trending di aplikasi konten video tersebut. Memang tidak bisa dibantah lagi Tiktok merupakan aplikasi sekaligus platform sosial media berbasis video yang sangat terkenal hingga sekarang.…

7 Situs Penghasil Uang yang Direkomendasikan

Situs penghasil uang memang benar-benar ada di dunia maya dan bisa kamu aplikasikan. Mungkin kamu masih belum percaya bahwa dari sebuah website di internet bisa mendapatkan pundi-pundi uang yang berlimpah. Maka dari itu, baca artikel ini hingga selesai agar kamu mendapatkan informasi yang detail dan selengkapnya. Bukan hanya memberikan beberapa nama situsnya saja, tetapi juga…

Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru dan Mendapatkannya

Cara cek bantuan UMKM saat ini memang sangat mudah dan rencana pemerintah. Biasanya, pelaku usaha dapat melakukan cek bantuan UMKM agar mengetahui apakah dirinya penerima BLT atau tidak. Dua tahun sebelumnya sudah ada cek BLT UMKM, melalui laman eform BRI, yang bisa langsung diakses dengan memasukkan NIK. Informasi kali ini akan membahas BLT UMKM yang…

Begini 6 Langkah Mudah Hasilkan Uang Dari Snack Video Hiburan

Ketika ingin mendapatkan uang dari Snack Video hal tersebut bisa dengan mudah dikerjakan pengguna. Pada salah satu platform digunakan oleh pengguna gadget terutama smartphone pastinya sudah mengetahui sosial media ini. Merasakan keseruan dari berbagai macam tayangan ditampilkan serta keuntungan berupa uang asli. Pastinya akan membuat setiap orang merasa lebih mudah serta mendapatkan hal menarik ketika…

Cara Mendapatkan Uang Dari Tiktok Live Tanpa Keranjang Kuning Untuk Pemula

Saat ini, untuk mendapatkan uang dari tiktok live tidaklah sesulit dulu. Sebab, sudah banyak yang membuktikan hal tersebut. perlu diketahui, terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Contohnya seperti, kreativitas, karakter atau pembawaan harus diperhatikan. Tiktok sendiri merupakan aplikasi yang saat ini sudah ada di hampir semua ponsel android maupun ios di seluruh dunia. Jika…

Pemanfaatan UniPin Higgs Domino Top Up Cepat, Main Lancar!

Pembelian sejumlah item dibutuhkan ketika bermain game online menggunakan UniPin Higgs Domino akan memudahkan pemain. Kamu sudah tidak perlu lagi kesulitan saat membutuhkan sejumlah item digunakan. Pastinya keseruan di saat sedang bermain pada sebuah permainan tersebut bisa dirasakan lebih. Apa lagi dengan melihat perkembangan teknologi saat ini, ada berbagai pilihan game mudah dapat dimanfaatkan oleh…

Cara Cek NISN Secara Online dengan Mudah

Bagi kamu yang masih sekolah, sudah tahukah tentang cara cek NISN yang benar itu bagaimana. Atau bahkan kamu juga belum tahu yang dinamakan NISN itu apa? Kami akan menjelaskannya disini secara singkat dan mudah dipahami. Ketika kamu masih terdaftar sebagai seorang siswa dalam suatu sekolah, sudah pasti ada NISN sejak awal kamu mendaftarkan diri. Ada…

Begini Cara Cek Bantuan STB Pemerintah Dari Kominfo

Kini, banyak masyarakat yang mencari tahu cara cek bantuan STB setelah ada fenomena peralihan dari TV analog ke digital. Acara peralihan tersebut berlangsung pada 1 November 2022 dan seluruh siaran TV analogi se-Jabodetabek dimatikan. Untuk masyarakat yang sudah menggunakan TV digital, tentu tidak ada masalah. Tapi bagi masyarakat yang masih menggunakan jenis TV analog itu…

Makin Seru! Ini Link Anime Chainsaw Man Episode 5 Sub Indo

Setelah beberapa waktu menunggu, akhirnya anime Chainsaw Man Episode 5 sudah mulai dirilis dan bisa kamu nikmati jalan ceritanya. Melanjutkan episode sebelumnya, Denji akan si devil hunter akan kembali menyajikan aksi memukaunya. Meski motivasinya untuk mau terus bertarung cukup nyeleneh, tetapi setiap aksi pertarungannya selalu berhasil membuat kita terpukau. Salah satunya adalah ketika ia berhasil…