Intervensi Berbasis Rumah

Terapi Berbasis Rumah

Program biasanya diberikan dengan rentang waktu mulai dari beberapa jam dalam seminggu hingga intervensi komprehensif yang intensif yang dapat mencapai 30 jam per minggu.

Evaluasi awalyang akurat merupakan langkah yang penting dan harus dijalankan oleh profesional yang berkualitas. Tujuan dari evaluasi awal adalah untuk memberikan pemetaan dariemampuan dan masalah perilaku yang dimiliki anak saat ini. Berdasarkan pada evaluasi ini, rencana penanganan (treatment) akan dikembangkan dengan menentukan tujuan dari penanganan dan prosedur yang paling efektif. Untuk melengkapi evaluasi awal, kami menjalankan ABLLS-R (Assessment of Language and Learning Skills/ Penilaian Kemampuan Bahasa dan Belajar) bersama dengan observasi anak dan wawancara dengan orangtua..

ABLLS bersama dengan asesmen perkembangan ini kemudian akan dilaksanakan pada setiap 6 bulan terapi untuk mengevaluasi kemajuan anak.

Rencana penanganan adalah dengan mengimplementasikannya di rumah anak dengan satu atau lebih Terapis ABA.

Meskipun dilakukan oleh tim terapis yang berpengalaman, pengawasan rutin dari konsultan yang memiliki kualifikasi diwajibkan, untuk:

  • Memberikan arahan klinis
  • Mengulas tujuan penanganan, protokol, dan sistem pengumpulan data
  • Mengevaluasi kemajuan anak terhadap tujuan penanganan
  • Mengatur protokol penanganan dan mengajarkan prosedur berdasarkan hasil

Pada umumnya, jumlah pengawasan yang diperlukan untuk masing-masing kasus adalah. 1-2 jam untuk setiap 10 jam penanganan langsung. 1-2 jam untuk setiap 10 jam penanganan langsung.